Pesantren Kilat Mahasiswi Unida Mantingan

Beberapa hari yang lalu mahasiswi Fakultas Tarbiyah UNIDA bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan di daerah sekitar desa Paron, Ngawi untuk mengadakan kegiatan Pesantren Kilat. Acara ini berjalan kurang lebih 4 hari mulai dari 7 – 11 Mei 2019/ 2 – 5 Ramadhan 1440 H. Adanya acara ini menunjukkan kekompakan dan kerjasama yang solid antar mahasiswi Fakultas Tarbiyah ini, baik Prodi PAI maupun PBA. Banyak dari mereka yang menjadi penanggung jawa acara, mengisi sambutan-sambutan dan lain sebagainya. Lebih dari itu, kegiatan ini membutuhkan pengorbanan dan persiapan yang matang, dan ini merupakan ladang amal dan ibadah bagi mereka.

SANLAT UNIDA MANTINGAN

Selain keikutsertaan anak-anak, tak luput juga dalam acara ini partisipasi dari para warga setempat. Dalam proses pelaksanaannya, para mahasiswi dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian disebar ke berbagai lembaga pendidikan di desa Paron, seperti 9 kelompok di MI Paron, 9 kelompok di SMA Paron dan 19 kelompok lainnya di SMK Farmasi.

Rentetan kegiatan harian Pesantren Kilat ini dimulai dari shalat tahajud, sahur bersama,  shalat subuh, muhadasah, KBM PAI dan pelatihan Pensi. Kemudian sore hari diisi dengan perlombaan anak-anak, dilanjutkan malam harinya dengan thalat tarawih, tadarus dan latihan Pensi. Masyarakat sekitar pun sangat antusias dan ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

SANLAT MANTINGAN

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial dalam bermasyarakat serta meningkatkan daya kreatifitas dan mental baik untuk para mahasiswi maupun peserta didik di sekolah. Banyak tanggapan dan respon positif dari masyarakat. “Secara tidak langsung warga sangat senang bahwa  dalam bulan Ramadhan ini anak-anak memiliki banyak kegiatan dan dipenuhi dengan kegembiaraan. Kami harap di tahun yang akan datang kegiatan Sanlat ini akan harus tetap ada dan menjadi lebih baik lagi”, Ujar pak Suprapto, selaku kepala desa Paron. [Sintya Kartika Prameswari]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *