UNIDA GONTOR_10/08/2019, Bulan Muharram adalah bulan pergantian baru islam yang memiliki banyak peristiwa sejarah islami. Bulan sebagai hari hijrahnya Nabi Muhammad SAW ketempat yang lebih baik, untuk menghindari kejahatan kaum Quraisy. Pada bulan ini kaum muslimin di sunnahkan untuk berpuasa, tanggal 9-11 Muharram. Banyak sekali makna dan pelajaran yang dapat kita ambil pada beberapa peristiwa kenabian terdahulu di bulan Muharram ini.

Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri serentak melaksanakan puasa bersama. Dimana mereka memaknai puasa sunnah tersebut menjadi kebiasaan wajib. Keikhlasan terlihat ketika mereka mendapatkan ta’jil yang dibagikan oleh bagian dapur. Buka bersama menjadi moment penting akan kekuatan tali ukhwah islamiyah diantara mereka. Tepat pukul 17.00 WIB di aula UNIDA Putri seluruh mahasiswi UNIDA berkumpul bersama. Terdengar lantunan ayat suci Al-Quran dalam bacaan mahasiswi, membuat penantian berbuka pun tak terasa. Sungguh nilai kesabaran, keikhlasan, dan ketakwaan dalam melaksanakan ibadah Lillah.

Terdengar suara azan berkumandang, seluruh mahasiswi menyantap makanan dan minuman dengan hati yang ikhlas. Semua memiliki nilai – nilai ibadah lillah. Ceramah oleh Al-Ustadz Nur Hadi Ihsan menyampaikan pesan dan hikmah puasa di bulan Muharram. Beliau berkata, “Bulan Muharram penuh arti sejarah islam dari panutan, teladan, serta contoh akhlak karimah baginda Nabi Muhammad SAW. Semua peristiwa sejarah tersebut menjadi pembelajaran kita dalam kehidupan. contoh Teladan baginda Rasulullah yang kita sayangi, semoga di hari kelak kita mendapatkan syafa’atnya.” Tegas ceramah Ustadz Nur Hadi. Semoga kita semua istiqomah dalam kebiasaan-kebiasaan yang baik. Wallahu’alam (Sintya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *