Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor, saat ini sedang melakukan kunjungan dalam rangka Praktek Pengayaan Lapangan  (PPL) di Pondok Pesantren Nurul Bayan, yang berlokasi di Bayan Lombok-Utara. PPL PAI 6 ini terdiri dari 57 Mahasiswi dan 3 Dosen Pembimbing, rombangan tersebut  tiba di lokasi pada pukul  03.00 WITA, Sabtu 25 Januari 2020.

Keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Bayan memberikan sambutan hangat terhadap kedatangan mahasiswi UNIDA Gontor.  Pada acara upacara pembukaan PPL oleh Tuan Guru  K.H. Abdul Karim Abdul Ghofur dihadapan seluruh asatidz/ah serta santri/wati, Beliau mengatakan :

“Kami  menyambut dengan sangat senang kedatangan mahasiswi program PPL ini, untuk itu kami sepenuhnya dinamika kegiatan pondok selama 2 minggu ke depan kepada seluruh asatidz/ah UNIDA Gontor, Harapan kami dengan adanya program PPL ini dapat menghadirkan nuansa pendidikan dan pengajaran ala Gontor di lingkungan Ponpes Nurul Bayan”. Tutur Tuan Guru K.H. Abdul Karim Abdul Ghofur

Berita Lainnya: Keberhasilan Proses Mengajar terletak pada Jiwa (Ruh) Seorang Guru

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Ustadz Saiful Anwar M.Pd selaku pembimbing PPL mahasiswi UNIDA Gontor, mengucapkan banyak terimakasih.

Kami selaku pembimbing PPL mengucapkan banyak terimaksih kepada  K.H. Abdul Karim Abdul Ghofur, sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwasannya mahasiswi pada program PPL ini bukanlah mahasiswi guru  akan tetapi mereka merupakan mahasiswi murni UNIDA kampus regular, mereka ini lebih banyak mengisi kegiatan dalam aktifis akademis, terkait penulisan ilmiah atau penelitian. Untuk itu kedatangan kami di pondok ini sejatinya adalah untuk belajar bagaimana menjadi guru bahkan santri di Nurul Bayan ini” .

Setelah pembukaan tersebut, maka kegiatan praktek mengajar dan seluruh rangkaian kegiatan pada program PPL ini secara resmi bisa dijalankan. PPL merupakan kegiatan rutin dan bersifat wajib, guna mengasah kemampuan mahasiswi PAI dalam mempraktekkan berbagai teori baik metode dan strategi belajar mengajar di bangku kuliah dalam praktek nyata dilapangan.

Harapannya dengan adanya program Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) merupakan sebuah bekal bagi mahasiswi PAI ketika terjun di masyarakat. Agar menjadi pribadi yang bermanfaat sebagaimana kutipan hadits bahwa “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”. (Ja’ronah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *