SANLAT PRODI PAI UNIDA di MTSN 1 PONOROGO

Seiring datangnya bulan suci Ramadhan ini, banyak beberapa lembaga pendidikan mengadakan kegiatan Pesantren Kilat guna menunjang pengetahuan agama dan meningkatkan kualitas ibadah. Hal tersebut juga dilakukan oleh MTSN 2 Ponorogo. Beberapa waktu yang lalu sebelum Ramadhan pihak MTSN 2 Ponorogo menjalin kerjasama dengan pihak Fakultas Tarbiyah UNIDA untuk mengadakan Pesantren Kilat. Kerjasama tersebut disambut baik oleh Fakultas Tarbiyah. Dan secara langsung Fakultas Tarbiyah mendelegasikan tugas ini kepada Prodi PAI. Untuk itu dibentuklah tim kepanitiaan dari dosen maupun mahasiswa PAI berkolaborasi dengan PBA, yang dikomandoi oleh Ustadz Saiful Anwar, M.Pd.I.

UPACARA PEMBUKAAN SANLAT MTSN 2 PONOROGO

UPACARA PEMBUKAAN SANLAT MTSN 2 PONOROGO

Pesantren Kilat ini berjalan selama 3 hari, mulai tanggal 9 Mei s/d 11 Mei, bertempat di MTSN 2 Ponorogo jln. Kiai Ageng Mirah 79, Japan, Babadan. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama para peserta dari siswa kelas 7 hingga kelas 8, kemudian bergantian pada gelombang kedua diikuti oleh para siswi kelas 7 hingga kelas 8. Kegiatan Pesantren Kilat ini diawali dengan acara pembukaan, yang disambut oleh kepala sekolah dan dihadiri oleh segenap dewan guru MTSN 2 Ponorogo serta para asatidz dan mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah.

Proses KBM Materi PAI Kelas Putri

PROSES KBM MATERI PAI 

Acara pun berlanjut dengan KBM yang diampu oleh para asatidz, ustadzat dan mahasiswa. dengan materi Mahfudzat, Tafsir dan Hadits diselingi dengan shalat dhuha ketika jam istirahat pertama. Kemudian dilanjutkan dengan shalat dhuhur, tadarus al-Qur’an dan KBM lanjutan dengan materi Fiqih. Pada sore hari, setelah shalat ashar diadakan IEG (Islamic Education Game) yaitu dengan pelatihan menembak oleh Ustadz Saiful Anwar sambil menunggu waktu berbuka dan shalat magrib, kemudian dilanjutkan dengan shalat isya dan tarawih berjamaah.

KULTUM SEUSAI SHALAT TARAWIH BERJAMAAH PUTRA

KULTUM SEUSAI SHALAT TARAWIH BERJAMAAH

Kegiatan Pesantren Kilat ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kegiatan keagamaan di MTSN 2 Ponorogo pada bulan Ramadhan. Selain itu juga untuk membangun fondasi pengetahuan keagamaan dan ibadah yang akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kepala sekolah dan para guru-guru memberikan apresiasi dan tanggapan yang baik atas kerjasama dan kesungguhan para asatidz, ustadzat serta mahasiswa UNIDA yang ikut serta dalam kegiatan ini. “Kami sangat senang dan bangga akan kedatangan para ustadz UNIDA Gontor. Anak-anakku sekalian harus dapat menyerap segala ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh para ustadz Gontor. Dan harapan besar saya, semoga dari beberapa anak didik saya ini ada yang mau untuk masuk Gontor menimba ilmu agama dan memperjuangkan serta meninggikan agama Islam”, ujar Pak Tarib selaku kepala sekolah dalam sambutannya. [ARK]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *