PONDOK RAMADHAN MTSN 1 JETIS PONOROGO-PAI UNIDA GONTOR

Bertolak dari MTSN 2 Ponorogo hari Sabtu 11 Mei 2019, selang tiga hari tim Prodi PAI UNIDA diundang untuk dapat berpartisipasi dalam Pondok Ramadhan yang diadakan oleh MTSN 1 Jetis Ponorogo.  Melalui utusannya Pak Irfan, MTSN 1 Jetis Ponorogo mengharap kepada tim PAI UNIDA untuk dapat melaksanakan KBM dengan memberikan materi keagamaan, bahasa Arab dan memberikan motivasi ketika malam perenungan. Hal ini diterima dan direspon baik oleh Prodi PAI. Tim kepanitiaannya diperbaharui lagi dengan mengikut sertakan beberapa mahasiswa PBA semester 6 yang sedang KKN di UNIDA.

Pondok Ramadhan ini berjalan selama 3 hari, mulai tanggal 14 Mei s/d 16 Mei, bertempat di MTSN 1 Jetis Ponorogo. Sama halnya di MTSN 2 Ponorogo kemarin, pondok ramadhan di MTSN 1 Jetis ini dibagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama peserta dari siswa-siswa kelas 7 dan 8, kemudian pada gelombang kedua diikuti oleh siswi-siswi dari kelas 7 hingga 8. Para siswa dan siswi diwajibkan mukim di sekolah, membawa pakaian ganti, peralatan tulis, perlengkapan mandi dan shalat.

PROSES KBM MATERI PAI MTSN 1 JETIS PONOROGO

PROSES KBM MATERI PAI MTSN 1 JETIS PONOROGO

Awal KBM dari tim PAI UNIDA pada hari Selasa siang dengan materi bahasa Arab dan Imla’ untuk para siswa putra dan pada hari Kamis pagi dengan materi yang sama untuk para siswi putri. Materi ini diampu oleh beberapa dosen PAI dan juga berkolaborasi dengan beberapa mahasiswa dari PBA. Ketika malam hari selepas shalat tarawih berjamaah, acara dilanjutkan dengan renungan malam di halaman sekolah, yang diisi oleh Ustadz Saiful Awar untuk siswa putra dan Ustadz Wafi untuk siswi putri. Dengan adanya renungan malam ini, diharapkan para siswa dan siswi dapat meresapi makna bulan suci Ramadhan, mensyukuri segala nikmat yang sampai saat ini dicurahkan Allah kepada mereka serta dapat memotivasi mereka untuk menambah hormat, rasa ta’dzim dan sayang kepada guru dan orang tua.

RENUNGAN MALAM USAI SHALAT TARAWIH BERJAMAAH OLEH UST. SAIFUL ANWAR

RENUNGAN MALAM USAI SHALAT TARAWIH BERJAMAAH OLEH UST. SAIFUL ANWAR

Secara umum para guru MTSN 1 Jetis berserta para siswa dan siswinya memberikan tanggapan yang baik dan berkesan. Cara mengajar yang semangat, keluwesan dan tutur kata yang halus dan sopan yang disuguhkan oleh para dosen dan mahasiswa menambah keakraban dan menjadikan suasana menjadi lebih hangat. “Terima kasih atas partisipasi ustadz-ustadz UNIDA dalam acara kami ini, terima kasih telah memberikan banyak pelajaran agama dan pengalaman berharga kepada anak-anak. Saya harap njenengan sedanten tidak bosan-bosan jika kita undang dalam acara-acara lain di MTS. Semoga silaturahim ini tetap berlanjut dan saya harap pondok Ramadhan mendatang juga dapat diisi oleh ustadz-ustadz dari UNIDA” ujar Pak Irfan selaku penanggung jawab kurikulum MTSN 1 Jetis Ponorogo. [ARK]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *