Deskripsi Singkat

Program Studi Pendidikan Agama Islam diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor berdasarkan Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 1966. Program studi ini sudah melaksanakan kegiatan tridarma perguruan tinggi sejak berdirinya pada bulan Agustus 1966, dan saat ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK No.041/SK/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012 dengan predikat A.

Program studi Pendidikan Agama Islam memprioritaskan penguasaan materi-materi pendidikan Islam dan dirasah Islamiyah yang diwujudkan dalam kesatuan kurikulum pendidikan Islam yang komprehensif. Kurikulum ini memadukan tradisi keilmuan dan keruhaniaan dalam olah dzikir, olah pikir, dan olah raga yang laksanakan dalam lingkungan perguruan tinggi pesantren dengan menekankan kepada kesimbangan materi-materi dirasah Islamiyah dan ilmu pendidikan. Sehingga dapat dihasilkan lulusan yang memiliki integeritas keislaman dan kependidikan.

Dalam rangka mewujudkan lulusan Pendidikan Agama Islam yang memiliki kompetensi dalam pengajaran Agama Islam, Program studi melaksanakan kegiatan akademik baik kegiatan belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara terstruktur. Pelaksanaan kegiatan akademik yang terstruktur tersebut didukung fasilitas seperti ruang kelas, Laboratorium Microteaching, Laboratorium Bahasa, dan laboratorium Komputer yang memadai.

Kegiatan akademik Program studi ini dilaksanakan oleh dosen-dosen dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi serta kompetensi dalam bidang Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan belajar perguruan tinggi pesantren yang kondusif. Sehingga budaya akademik yang ideal dapat terwujud. Dalam kenyataannya, Lulusan PAI Institut Studi Islam Darussalam Gontor dapat bersaing secara kompetitif sesuai dengan kualifikasinya dan diterima oleh lembaga-lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri.