FASILITAS

Asrama

Sebagai Universitas Berbasis Pesantran, UNIDA Gontor menyediakan tempat tinggal di dalam Kampus. Asrama dekat dengan kelas, perpustakaan, sarana olahraga dsb sebagai penunjang kenyamanan di dalam belajar. 

Masjdi Jami’ UNIDA Gontor

Untuk membentuk ubudiyah para mahasiswa UNIDA Gontor mempusatkan kegiatan seusai shalat berjama’ah lima waktu dalam bentuk kultum, khutbah jum’at, kajian kitab klasik, motivasi dalam bentuk Bahasa Arab dan Inggris yang disi oleh para dosen berkopenten lulusan dalam dan luar negeri.

Pembangunan Masjid Jami’ UNIDA Gontor diresmikan oleh Presiden Ke-4 RI yakni Alm.K.H. Abdurrahman Wahid pada tahun 2000. Di masjid ini tersedia fasilitas berupa lampu, mimbar, microphone, dan juga rak buku yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan Al Qur’an. Selain itu, di area masjid ini terdapat area berwudhu dan juga miniatur Kakbah yang digunakan sebagai manasik haji.

Ruang Kelas

Dalam proses pembelajarannyang baik dan efektif UNIDA Gontor memfasilitasi dosen dan mahasiswa ruang kelas yang nyaman. Untuk kelas putra berada di kampus pusat UNIDA Gontor di Siman, Ponorogo  sedang untuk putri berada di  Kampus UNIDA Gontor Mantingan Ngawi

Pusat Studi CIOS

CIOS (Center For Islamic And Occidental Studies) adalah salah satu pusat studi di UNIDA Gontor yang didirikan berdasarkan suatu ide bahwa Islam adalah agama dan peradaban, dan saat ini sedang menghadapi tantangan dari peradaban lain, khususnya Barat.

Adapun di antara kegiatan yang telah dilaksanakan adalah sebagai beriktu: 1). Workshop Islamisasi Ilmu Pengetahuan. 2). Menerbitkan buku-buku hasil kajian ilmiah. 3). Mengadakan symposium, seminar-seminar, baik nasional maupun internasional. 4). Mengadakan diskusi rutin setiap Minggu mengenai masalah-masalah tertentu yang berkaitan dengan pemikiran dan peradaban Islam dan Barat. 5).Workshop dan seminar tentang aliran-aliran sesat di Indonesia

 

Perpustakaan

Perpustakaan merupakan wajah utama kampus sebagai gudang ilmu. Untuk itu UNIDA Gontor selalu berupaya memperbaiki fasilitas perpustakaan agar mahasiswa merasa nyaman berada di perpustakaan. Adapun fasilitas perpustakaan yang ada saat ini adalah Free Wifi, Photo Copy, AC, Sistem Pencarian Online, dan lain sebagainya.

Koleksi yang dimiliki Perpustakaan UNIDA Gontor saat ini telah mencapai kurang lebih 7000 eksemplar buku untuk perpustakaan yang berada di kampus pusat saja. Selain itu, UNIDA Gontor juga memiliki perpustakaan lain yang bertempat di setiap kampus cabang seperti di Gontor, Mantingan, Kediri, Magelang, dan Kandangan.

Lab. Bahasa

Pengembangan keilmuan bagi mahasiswa adalah merupakan salah satu tujuan utama pendidikan Perguruan tinggi pesantren. Diantara bentuk kegiatan penunjang tujuan tersebut adalah  pelatihan dalam bidang-bidang yang sesuai dengan konsentrasi mahasiswa. Diatara pelatihan yang rutin dilaksanakan adalah pelatihan Bahasa Arab dan Inggris dengan menghadirkan tutor yang ahli dalam bidangnya.

Sarana Olahraga

Sebagai penunjang kegiatan mahasiswa UNIDA Gontor menyediakan fasilitas olahraga diantaranya adalah:
1. Lapangan Sepak Bola

2. Lapangan Futsal

3. Lapangan Basket

4. Lapangan Badminton

5. Lapangan Sepak Takraw dan lain sebagainnya