Yogyakarta_17/08/2019, Mahasiswi Program studi Pendidikan Agama Islam, Al-Ustadzh Inas Arna Ramadhanti (Semester 7)  telah melakukan penelitian skripsi pada sebuah perpustakaan di Universitas Gajah Mada dan Universitas Sebelas Maret dengan dosen pembimbing Al-Ustadz Alwi Yusron (selaku Dosen Psikologi UNIDA GONTOR), beliau memberikan saran agar dapat mengambil referensi di sebuah perpustakaan tersebut.

Khususnya, bahan yang dibutuhkan pada skripsi tersebut merujuk pada salah satu thesis mahasiswi UGM di sebuah perpustakaan pusat Universitas Gadjah Mada. Banyak pengalaman selama penelitian berlangsung. perpustakaan dengan kapasitas besar dan terlengkap dapat memuat berbagai macam buku local sampai ilmiah internasional khususnya buku psikologi, sebagaimana rujukan yang dibutuhkan beliau.

Tempat yang terjaga sekaligus nyaman. Di perpustakaan tersebut banyak mahasiswa/i UGM yang memanfaatkan perpustakaan  sebagai tempat mencari sumber pengetahuan baru. Menurut ustadzah Inas Arna Perpustakan tersebut memberikan fasilitas yang lengkap dan memadai. Seperti, adanya computer di beberapa meja baca, proyektor, Ac, meja dan kursi, sofa, serta loker penyimpanan barang, Sehingga dapat memberikan rasa keamanan dan kenyamanan selama proses penyusunan skripsi di perpustakaan tersebut.

Selama di dalam perpustakaan, peserta tidak diperkenankan membawa makanan, serta barang bawaan. peserta hanya diperbolehkan membawa tas yang telah disediakan dari perpustakaan, untuk di isi dengan barang bawaan yang dibutuhkan.

Kegiatan Selama Penelitian Di Perpustakaan UGM

Di sisi lain, Ketika beliau memasuki salah satu ruangan khusus thesis dan disertasi perpustakaan pusat UGM, dimana mayoritas adalah mahasiswa/i pasca sarjana.  Mereka banyak meluangkan waktunya di perpustakaan tersebut untuk mencari referensi atau sekedar membaca beberapa thesis dan disertasi milik mhasiswa UGM. Maka, tidak heran, beliau banyak bertanya tentang Skripsi yang sedang dikerjakan oleh Ustadzah Inas Arna tersebut.

Kegiatan ini menjadi sebuah wadah motivasi besar untuk Mahasiswi HMP PAI. Mengharuskan untuk selalu semangat dalam perkuliahan, serta mengerjakan suatu hal secara optimal, bukan asal-asalan. Masa depan ada ditangan kita, menggarap sebuah skripsi akan mudah, ketika kita mampu menjadikan skripsi menjadi kawan bermain dan belajar bahkan kawan berjuang dalam perjalanan, Ujar Al Ustadzah Inas. Selama kegiatan tersebut, banyak hal berkesan yang dapat beliau  ambil sebagai hikmah pendidikan dalam mengerjakan tugas akhir perkuliahan, bahwa segala sesuatunya harus benar-benar melibatkan Allah sepenuhnya.

Beliau berpesan,  bahwa “Skripsi yang baik adalah yang mampu dipertanggung jawabkan. Skripsi itu jangan di terlalu fikirkan, melainkan dikerjakan. Dimanapun, jangan pernah merasa malu bertanya. Karena pejuang ilmu itu hanya memiliki dua hal, percaya diri dan rendah hati.” Semoga Ustadzah Inas dimudahkan dalam penelitian dan penyelesaian Skripsi pada tahun ini. Amin…  (Sintya)

 

 

Universitas Gajah Madja, Fakultas Psikologi, Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *