Marhaban Ya Ramadhan.

Salam Edukasi,

Tahun ini merupakan tahun bersejarah bagi dunia. Dunia darurat virus Corona, virus ini sudah menyebar ke 95% negara. Terutama di negara kita indonesia. Update kasus Corona di Negara Republik Indonesia mencapai 9.096 dengan jumlah pasien sembuh 1.151 orang dan jumlah meninggal 765 orang. (detiknews/27/04/20)

Kasus-kasus virus corona ini diperbaharui setiap harinya. Warganet juga dapat mengakses situs covid19.go.id untuk melihat perkembangan kasus virus Corona. Ditambah makin maraknya dengan tindakan lockdown dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) oleh pemerintah menjadikan kita akan tetap waspada terhadap lingkungan dan sosial.

Selain itu, kita telah memasuki Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan dan penuh rahmat, bulan yang sangat di nanti-nanti oleh ummat islam di belahan bumi manapun ini. Tentunya sudah menjadi kewajiban untuk kita baik muslim maupun muslimah untuk menjalankan ibadah puasa. Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam.

Setelah 5 hari menjalankan ibadah puasa tidak lupa akan pentingnya menjaga kesehatan serta pola hidup sehat selama wabah Covid-19 tersebut. Jangan panik, walaupun dilanda Lockdown kita masih bisa beraktifitas baik di dalam rumah. bagi kita untuk memperhatikan pola menjalankan hidup sehat agar tetap fit menjalankan ibadah puasa di tengah wabah Covid-19, Simak tips-tips berikut ini :

Melakukan Aktifitas Di Dalam Rumah

Ketika dilanda Lockdown, aktifitas di luar mulai berkurang jika ingin ke luar rumah pun hanya kepentingan mendesak. Maka, kesempatan ini sangat baik jika dijalankan dengan tenang dan rilex. Banyak melakukan hal yang bermanfaat. Seperti, merapikan perabotan rumah yang berantakan, membantu orang tua, membuat kreatifitas, melakukan diskusi kecil bersama keluarga serta meningkatkan ibadah.

Sahur

Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting karena mempengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh. Konsumsilah kabrohidrat kompleks seperti, roti gandum, oatmeal, nasi merah, protein, buah, sayur, serta air putih yang cukup juga dapat membantu stamina selama puasa.

Hindari Terik Matahari Yang Berlebihan

Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk tidak beraktifitas di luar ruangan secara berlebihan. Mungkin jika di pagi hari baiknya untuk berjemur sekitar 5-10 menit kemudian beraktifitas di dalam ruangan yang teduh dan dingin agar terhindar dari Dehidrasi. Batasi dengan aktifitas fisik agar tidak mudah lelah.

Berbuka Secukupnya

Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap. Mulai dri air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan yang berat. Ini dapat menyeimbangkan proses pencernaan pada lambung saat bulan puasa.

Pola Tidur

Selain memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur di saat berpuasa ini sangat di anjurkan. Mengatuk selama berpuasa bukanlah di sebabkan karena tidak makan dan minum, melainkan waktu tidur yang tidak cukup. Maka Power-Nap di siang hari dengan meluangkan 20-30 menit untuk tidur yang singkat tapi berkualitas akan membantu memulihkan energi kembali.

Demikianlah Tips-tips hidup sehat di tengah wabah Covid-19 di saat bulan Ramadhan. Dengan mencegah lebih baik daripada mengobati Self-Healing. Menjaga inumintas antibiotik dalam tubuh baik keimananpun meningkat. Semoga menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kali ini dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aamiin Ya Rabbal’Alamin

*Penulis: Sintya Kartika (Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam UNIDA Gontor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *