Academic

Pelaksanaan Perkuliahan

Pelaksanaan perkuliahan di Universitas Darussalam Gontor menggunakan Sistem Kredit Semester yang merupakan suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan Satuan Kredit Semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program. Untuk mendapatkan informasi sehubungan Sistem Kredit Semester, Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan menyediakan layanan berupa Sistem Informasi Akademik (siakad.unida.gontor.ac.id) dan papan pengumuman.

Layanan Akademik

Pendaftaran Mahasiswa

Konsentrasi Jurusan

Jadwal Perkuliahan

Kalender Akademik

Judul Skripsi

Pendaftaran Wisuda

If you’re an educational professional who are looking to progress into management and consultancy, or an educational planning or development role, this is the best degree for you.

Pedoman Akademik

Studi Akademik (SA)

Studi Pengayaan Lapangan (SPL)

Praktek Pengayaan Lapangan (PPL)

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Tahfidzul Qur'an

AKPAM

Department Contact Info

Islamic Education Office

Jl. Raya Siman, Ds. Demangan, Kec. Siman, Kab. Ponorogo, Jawa TImur
pai@unida.gontor.ac.id

Mon – Fri 8:00A.M. – 4:00P.M.

Social Info

Student Resources

Kalender
PEMBIMBING
SKS
Lama Studi

Kalender Akademik

Kalender akademik adalah penjadwalan kegiatan akademik universitas yang mengatur lama masa kuliah, ujian, liburan, kegiatan mahasiswa dan kegiatan Universitas yang telah diprogram selama satu tahun. Setiap tahun akademik dibagi menjadi 2 semester yaitu:

1. Semester Gasal : Syawwal – Rabiul Awwal
2. Semester Genap : Rabiul Awwal – Sya`ban

Penanggalan akademik dikeluarkan pada setiap awal tahun semester, yang akan dibagikan kepada seluruh sivitas akademika UNIDA Gontor.

Pembimbing Akademikt

Selama menempuh studi di UNIDA Gontor, mahasiswa mendapat pengarahan dan bimbingan dari seorang pembimbing akademik terkait hal-hal yang menyangkut masalah akademis dan non akademis, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya serta dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik.
.

Sistem Kredit Semester (SKS)

Sistem kredit Semester (SKS) adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (sks). Satuan Kredit Semester (sks) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besar beban studi mahasiswa dalam setiap semester dan besar pengakuan atas keberhasilan mahasiswa dan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu.

Besar beban satu sks untuk tiap penyelenggaraan program akademik adalah sebagai berikut:
Program Kuliah, satu sks (tiap minggu) setara dengan:
· 50 menit kegiatan tatap muka terjadwal;
· 50 menit kegiatan terstruktur;
· 60 menit kegiatan mandiri

 

Beban dan Waktu Studi

  1. Beban studi semester adalah jumlah sks yang diambil oleh mahasiswa pada suatu semester tertentu.
  2. Besar beban studi untuk semester pertama dan kedua ditentukan oleh program studi sesuai dengan peraturan KEMENDIKBUD no 49 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi.
  3. Besar beban studi untuk semester kedua dan selanjutnya ditentukan melalui kegiatan rencana studi yang dilanjutkan dengan seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Beban normal belajar mahasiswa: 8 jam per hari atau 48 jam per minggu setara dengan 17-18 sks per semester, sampai 9 jam per hari atau 54 jam per minggu setara dengan 19-20 sks per semester (untuk tahun pertama);
  5. Tahun kedua dan seterusnya, beban belajar mahasiswa ditentukan oleh program studi dan fakultas (maks. 24 SKS)
  6. Program sarjana, program diploma empat/sarjana terapan ditempuh paling lama 7 (tujuh) tahun akademik dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks;

Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa adalah kegiatan memberi status “mahasiswa” kepada seseorang yang hendak menempuh studi di Universitas Darussalam Gontor yang meliputi penerimaan mahasiswa baru dan penerimaan mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain (pindahan).

Selengkapnya tentang penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat lebih lanjut pada link di bawah ini