EDUCARE : INOVASI EDUKASI BERBASIS DIGITAL LEARNING DIERA 4.0

Pendidikan Agama Islam > Berita > Artikel > EDUCARE : INOVASI EDUKASI BERBASIS DIGITAL LEARNING DIERA 4.0

Indonesia dengan berbagai kekayaan yang dimilikinya dengan keunikkan masing-masing dan dapat dipastikan melekat dalam diri kebanyakkan individu menjadikan ciri dari mereka. Siswa sebagai pribadi yang memiliki warna berbeda, mulai dari karakter, pola asuh, penanaman nilai-nilai kehidupan tentunya juga memiliki perbedaan satu sama dengan yang lain. Kemajuan teknologi informasi, perubahan sosial pada masyarakat dan globalisasi yang terjadi membuat hilangnya sekat yang memisahkan antar bangsa, selain itu pergeseran nilai-nilai kehidupan yang memiliki perbedaan yang semakin nyata menimbulkan berbagai konflik baru.

Pendidikan sangat dibutuhkan terhadap jiwa anak demi menyelamatkan diera digitalisasi saat ini, yaitu dengan menanamkan suatu dasar pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini memiliki sifat bi-dereksional (dua arah) yang mengarah pada pembekalan anak ketajaman intelektual dan integritas sebagai pribadi muslim yang tangguh. Untuk menjadikan karakter anak yang baik dengan mempunyai tiga unsur pokok dalam pembentukkan karakter yang baik, yakni mengetahui kebaikkan, mencintai kebaikan dan melakukan kebaikan.

Dampak dari revolusi industri 4.0 pada kehidupan manusia, khususnya remaja dirasakan pada semua bidang kehidupan pribadi, sosial, belajar dan karier. Perkembangan pribadi ada tuntutan bagi setiap individu untuk menguasai suatu kompetensi dibidang teknologi informasi, dengan menanamkan suatu kepercayaan diri, inteligen, memelihara kesehatan fisiknya, harus mengambil tanggungjawab akhlak, moral spiritual atas penggunaannya.

Perubahan digitalisasi ini tidak bisa dianggap ramah tameh. Karena hampir seluruh dunia yang mengerti perkembangan teknologi dapat merasakan manfaatnya bagi kehidupan dan menjadi penghalang prilaku manusia, saat tidak mampu memanfaatkannya sesuai porsi kebutuhan.  Untuk mengembangkan  keterampilan, pengetahuan dan kemampuan dibidang teknologi, media dan informasi, keterampilan hidup dan inovasi serta karir maka diperlukannya suatu edukasi pembelajaran diera 4.0. Keterampilan era 4.0 adalah life and career skills, learning and innovation skill dan information media and technology skills. Keterampilan tersebut dirangkum dalam sebuah skema yang disebut dengan pelangi keterampilan pengetahuan era 4.0 century knowledge-skills rainbow.

Untuk terciptanya suatu karakteristik guru konselor  harus memiliki sebagai berikut:

  1. Life-long learner.
  2. Kreatif dan inovatif
  3. Mengoptimalkan teknologi
  4. Kaloboratif
  5. Menerapkan student centered
  6. Menerapkan pendekatan diferensiasi

Dilingkup sekolah ada konselor yang harus dapat menanamkan dasar karakter terhadap jiwa anak, memahami psikologi anak, memiliki suatu keterampilan komunikasi dalam perkembangan jiwa anak. Demi terjalannya suatu perkembangan anak, setiap individu guru terhadap anak harus dapat bisa menghargai anak dan meningkatkan keterampilan anak didalam dirinya.

 

Penulis: Abqorina/ Mahasiswi PAI 6

Leave a Reply