Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Prodi PAI: Satukan Langkah, Jalin Kebersamaan

Pendidikan Agama Islam > Berita > Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Prodi PAI: Satukan Langkah, Jalin Kebersamaan
evaluasi kurikulum

11 April 2019 – Evaluasi pelaksanaan kurikulum Fakultas Tarbiyah. Pendidikan dan kurikulum merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, saling berkaitan dan melengkapi. Pembahasan kurikulum dalam suatu lembaga pendidikan menjadi hal yang sangat fundamental. Hal ini sangat jelas karena kurikulum akan menentukan kemana arah tujuan atau pencapaian lembaga tersebut, ibarat peta yang menuntun seseorang menuju tempat tujuan. Kurikulum ini berhubungan dengan seluruh kegiatan yang mendukung kualitas dan kemajuan komponen-komponen pendidikan dalam suatu lembaga, baik kualitas pembelajaran, peserta didik maupun guru. Dalam implementasi kurikulum, diperlukan juga adanya evaluasi secara mendalam, menelaah berbagai macam masalah yang muncul dari penerapan kurikulum tersebut. Sehingga penyelenggaraan evaluasi kurikulum ini merupakan hal yang mutlak terjadi, untuk memecahkan berbagai masalah yang timbul dan merumuskan solusi yang akan diambil. Maka mengingat pentingnya evaluasi pelaksanaan kurikulum ini, pada hari Kamis kemarin, tanggal 11 April 2019, bertempat di salah satu tempat kuliner terkenal Pacitan “Bu Gandos” seluruh dosen fungsionaris Fakultas Tarbiyah melaksanakan acara evaluasi pelaksanaan kurikulum.

Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB, dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Ustadz Dr. Imam Bahroni, M.A., M.Ls. kemudian diteruskan dengan rapat diskusi antar Prodi dan pembacaan evaluasi pelaksanaan kurikulum. Dalam sambutannya Ustadz Imam Bahroni memberi nasehat bahwa perkembangan kualitas dan kuantitas Fakultas Tarbiyah berada ditangan para dosen fungsionaris. Beliau berharap bahwa para dosen bersama-sama berusaha meningkatkan taraf kualitasnya dan dapat memaksimalkan diri sesuai dengan harapan UNIDA. “Fungsionaris merupakan official yang bertanggung jawab atas berlangsungnya kegiatan akademik maupun nonakademik Fakultas Tarbiyah baik dikampus Mantingan, Siman maupun Rabithah. Agar kita tetap konsisten mempertahankan kualitas yang diraih, kita harus terus membangun integritas dan kebersamaan antara personil Fakultas Tarbiyah, baik PAI dan PBA”, ujar Ustadz Imam Bahroni.

 

evaluasi kurikulum
Sambutan dan Nasehat dari Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Imam Bahroni, M.A., M.Ls.

Setelah itu, dilanjutkan dengan rapat evaluasi sesuai dengan prodi masing-masing dan pembacaan evaluasi. Dalam pembukaan sesi rapat Prodi PAI, Ustadz Agus Budiman, M.Pd. selaku Ka Prodi memberikan saran dan langkah-langkah yang menjadi perhatian besar bagi para dosen PAI, baik menyangkut masalah materi kuliah maupun kualitas dosen. Selain itu juga, hadir Ustadz Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd. dan Ustadz Samsirin memberikan saran dan solusi dari berbagai masalah yang timbul dalam satu tahun kebelakang, begitu juga dengan dosen PAI lainnya. Acara rapat diskusi tersebut berjalan dengan tertib dan komunikatif, setiap dosen fungsionaris PAI memberikan saran, saling mengisi, tukar pendapat untuk merumuskan sebuah formula yang jitu.

Suasana Rapat Evaluasi Kurikulum PAI
Suasana Rapat Pelaksanaan Evaluasi Kurikulum PAI

Setelah rapat masing-masing prodi selesai, dilanjutkan dengan penyampaian hasil evaluasi kurikulum. Ustadz Saiful Anwar sebagai perwakilan dari PAI, secara umum  menyampaikan rumusan beberapa hal yang berkaitan dengan pengorganisasian materi kuliah, ketepatan pertemuan kuliah dosen dengan mahasiswa, kebutuhan tenaga dosen pengampu materi Dirasah Islamiyah, disiplin mahasiswa/i dan evaluasi RKAT.

Di antara hal yang menjadi catatan dalam acara kemarin yaitu usulan dari Warek, bahwa untuk format RKAT maupun rencana kegiatan Fakultas hendaknya diuraikan secara jelas, seperti kejelasan dalam dana, waktu, dan pemateri dalam seminar nasional maupun internasional, begitu juga dalam kegiatan-kegiatan unggulan lainnya. Pesan penting lainnya dari Ustadz Imam Baroni yaitu mengenai sopan santun atau etika yang harus terus dibina antara dosen dengan dosen maupun dengan mahasiswa, sebagaimana yang selalu diingatkan oleh Ustadz Ahmad Hidayatullah Zarkasyi. Di akhir acara pukul 12.00 WIB, Ustadz Heru Saiful Anwar, M.A selaku Wakil Dekan memimpin doa sekaligus menutup acara. [ARK]

Leave a Reply