Focus Group Discussion (FGD) “Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Pusat Studi Prodi PAI”

Pendidikan Agama Islam > Berita > Focus Group Discussion (FGD) “Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Pusat Studi Prodi PAI”

Selasa, 22 Maret 2022, Kegiatan ini menyambung kegiatan sebelumnya yaitu Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh dua universitas. Nara Sumber kali ini dari Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia yaitu Mizan Habibi, M.Pd dan Mir’atun Nur Arifah, S.Pd.I, M.Pd.I. Kegiatan diikuti oleh Dosen Fungsionari PAI UNIDA Gontor bertempat di kantor Prodi PAI. KEgiatan berlangsung secara Online/ Daring antara UNIDA dan UII Jogyakarta.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kaprodi Pendidikan Agama Islam Saiful Anwar, M.Pd, beliau menyampaikan dalam sambutannya, “Acara pagi ini adalah acara Sharing dari 2 pihak Universitas Islam Indonesia dan UNIDA Gontor terkait kurikulum dan pusat Studi yang ada di Prodi PAI ini. ”

Dilanjutkan dengan nara sumber pertama Mizan Habibi, M.Pd beliau menyampaikan secara gamblang tentang penyelenggaraan kurikulum Merdeka Belajar yang mana diawali “Ketika mahasiswa itu mengikuti program atau belajar dari orang lain, tempat lain dan hal lain. maka jangan sampai ada yang hilang dari nilai- nilai dasar yang dimiliki universitas sendiri. Dalam pengembangan kurikulum fokus mengukur bagaimana bahwa CPL dapat terukur dan terrealisasikan. Profil lulusan harus disusun dengan Body Knowladge dari materi yang akan diajarkan agar terarah dan terukur.”

Selanjutnya, nara sumber kedua Mir’atun Nur Arifah, S.Pd.I, M.Pd.I beliau memaparkan mengenai Program Pusat Studi UII (Universitas Islam Indonesia), yang bermacam-macam diantaranya “P3AI mengatur proses microteaching dan PPL, LIC (Learning Inovation Center) uji coba terkait inovasi pembelajaran, Madrasah Emporewing Center pengembangan kurikulum ditingkat madrasah luaran dipublikasin di jurnal, CSSD (pendampingan layanan minat bakat dan penalaran), penerbitan EL- Tarbawi (Jurnal, Buku dan Luaran).

Diakhir kegiatan ini dilanjutkan dengan Implementasion Aggrement (IA) yang dilakukan oleh kedua universitas dengan kerjasama dalam bidang penelitian yaitu petukaran naskah dan reviewer untuk kemudian diterbitkan kedalam jurnal kedua universitas.

Leave a Reply