Department of

Islamic Education

Islamic Education

The department of Islamic Education emphasizes the study on the subject of Islamic education as well as Islamic Studies, which actualized in the integrated and comprehensive curriculum. This curriculum combines the scientific and spiritual tradition through dzikir, thought and sport which carried out inside the integrated campus to implement the balance of the study on the Islamic studies and education, so then it may produce an expert who possesses the integrated subject of Islamic studies and education.

Welcome to the Islamic Education Department page.  Through these pages, we hope to give you a brief overview of the University of Darussalam Gontor Islamic Education instructors, courses, and student artwork.

The large networking of Gontor Modern Integrated Islamic Institution is among the distinctions of this department. This networking can be in the form of educational institution from the preschool up to the university level includ ing the Islamic boarding schools of Gontor alumni. Through this network, the students will have wider chance to gain expertise in the field of education.

Course Curriculum

  • Islamic Philosophy of Education
  • Psychology of Religion
  • Andragogyc
  • Comparative study of Education
  • Technology of Education
  • Planning of Islamic Education System

Department Contact Info

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Universitas Darussalam Gontor

Jl. Raya Siman, Ds. Demangan, Kec. Siman, Kab. Ponorogo, Jawa TImur
pai@unida.gontor.ac.id

Sat- Thu 8:00A.M. – 4:00P.M.

Social Info

Student Resources

Join Special Event
SOL Open House
Get real experience in our campus
start in 16 August 2020


Click to see more

Visi Keilmun Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UNIDA Gontor

“Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran berbasis Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer untuk menghasilkan lulusan yang unggul dalam metodologi pembelajaran di bidang Pendidikan Agama Islam dengan tetap berjiwa pesantren.”

Tujuan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UNIDA Gontor

  • 1. Menghasilkan calon pendidik, konselor pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan peneliti di bidang pendidikan Agama Islam yang memiliki karakter sebagai berikut: Noble Character, yang berarti lulusan adalah insan yang berakhlak mulia, berislam, beriman, berihsan berkompeten dan menjadi teladan yang baik di bidang pendidikan Agama Islam. Sound Body, yang berarti lulusan memiliki rasa percaya diri, siap dan mampu mengaktualkan potensinya di manapun dan kapan pun ia berada. Broad Knowledge, yang berarti lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan pendidik profesional serta menguasai 10 kompetensi dasar yang meliputi problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligent, judgement and decision making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibility. Independent Mind, yang berarti lulusan memiliki sikap terbuka, tanggung jawab dan mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif, inovatif dan profesional, serta sanggup berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional yang berlandaskan kepada ajaran agama Islam.
  • 2. Menghasilkan karya akademik melalui kegiatan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Agama Islam.
  • 3. Berkontribusi secara aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui penyebaran dan penerapan produk penelitian di bidang pendidikan Agama Islam.

Capaian Pembelajaran Lulusan PAI UNIDA Gontor.

  • CPL 1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berpegang teguh terhadap ajaran agama Islam dan nilai-nilai Perguruan Tinggi Pesantren.
  • CPL 2: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, sebagai warga negara yang cinta tanah air dan rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa berdasarkan Pancasila.
  • CPL 3: Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep pendidikan Agama Islam secara umum dan khusus serta mampu mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran di Sekolah, Madrasah dan Pesantren.
  • CPL 4: Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode dan strategi pembelajaran berbasis teknologi dalam mendesain pembelajaran Agama Islam.
  • CPL 5: Mahasiswa mampu melakukan assessment for learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan assessment of learning untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran.
  • CPL 6:Mahasiswa mampu menggunakan prinsip-prinsip manajemen pendidikan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan Agama Islam.
  • CPL 7:Memahami teori Psikologi Pendidikan, psikologi perkembangan, dan konseling dan mengaplikasikan dalam dunia pendidikan
  • CPL 8:Mampu memahami dan menganalisis isu-isu terkini tentang pendidikan agama Islam dengan pendekatan penelitian yang sesuai.
  • CPL 9:Mampu menunjukkan kemampuan komunikasi berbahasa Arab dan Inggris lisan maupun tulisan secara aktif dan memiliki jaringan kerja (networking) yang luas.

Profil Lulusan

Pendidik Agama Islam di Sekolaah, Madrasah, dan Pesantren

Pengelola Lembaga Pendidikan Islam

Peneliti di Bidang Pendidikan Islam

Konselor Pendidikan di Sekolah, Madrasah, dan Pesantren