Kegiatan PPL Mahasiswa PAI: Ikrar Sebelum Mengajar di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho

BOGOR – Ahad, 26 Januari 2020, bertempat di depan gedung Madinah Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul Bogor, telah diselenggarakan Ikrar atau janji Pengajar, berbentuk seperti upacara, dimana setiap guru pengajar wajib mengikuti kegiatan ini sebagai bentuk pengarahan sebelum mengajar, diadakan setiap pagi hari pada pukul 06:45.

Kegiatan ini dibuka oleh bapak pimpinan dan direktur KMI atau yang mewakilinya. Isi dari kegiatan Ini berupa pengarahan dan nasehat, serta pengumuman terkait kegiatan/acara yang ada dipondok ini.

Selain itu, maksud dari Ikrar adalah untuk mengantisipasi keterlambatan, sebagai bentuk rasa  tanggung jawab penuh sebagai pengajar. Begitu juga para peserta praktik pengayaan lapangan yang wajib mengikuti ikrar tersebut.

Dalam ikrar telah disampaikan oleh K.H. Ir Hudori, M.sc. “Mendidik adalah tugas yang mulia, jangan sampai terjadi siswa merasa tidak nyaman ketika pembelajaran. Dihimbau kepada seluruh pengajar untuk; Yang pertama, memberikan semangat kepada santri-santri untuk menuntut ilmu, kedua mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan di Pondok ini, tidak ada yang boleh melanggar dan jangan terpengaruh pada hal-hal yang tidak baik, ketiga menjaga kebersihan pondok kita. Kita adalah uswah bagi santri. Apa yang kita lakukan santri akan mengikuti, sebagaimana di pondok Al-Azhar Jarakta”. Jelaasnya. [Muhammad Azam]

Leave a Reply