MENGAPLIKASIKAN GURU YANG HAQIQI DALAM KEGIATAN PRAKTEK PENGAYAAN LAPANGAN (PPL’21)

Pendidikan Agama Islam > Berita > MENGAPLIKASIKAN GURU YANG HAQIQI DALAM KEGIATAN PRAKTEK PENGAYAAN LAPANGAN (PPL’21)

PPL (Praktek pengayaan lapangan) Merupakan kegiatan akademik rutin bagi setiap mahasiswi pada Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor yang meliputi Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan ini akan terlaksana jika mahasisiwi telah mampu memenuhi syarat ketentuan akademik yaitu telah mencapai SKS sebanyak 100. Pada nilai SKS PPL ini berjumlah 2 SKS dalam mata perkuliahan.

Adapun pelaksanaan Praktek Pengayaan Lapangan Mahasiswa Program studi Pendidikan Agama Islam Semester 6 Kampus Mantingan adalah 2 minggu pada awal bulan Februari 2021. Kegiatan yang di awali dengan pembukaan & pembekalan PPL oleh Ustadz Heru Saiful Anwar, M.Pd dan jajaran Dosen dari Fakultas Tarbiyah serta di hadiri oleh seluruh mahasiswi Fakultas Tarbiyah, PAI dan PBA semester 6.

Pembekalan PPL yang mencangkup pengertian Microteaching dan PPL, pembuatan prota, promes dan silabus, pembuatan RPP dan evaluasi pembelajaran. Praktek kegiatan belajar pengajar (Microteaching) dilaksanakannya pada 1 kali pertemuan.

Sebagai objek pada sasaran didik dari Mahasiswi semester 4, semester 2 dan Matrikulasi di Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan. Materi atau Mata pelajaran yang diajarkan telah di tentukan dan disepakati oleh pengajar masing-masing. Materi yang diajarkan disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditentukan oleh bagian pengajaran PPL dengan di setujui dosen pembimbing Fakultas Tarbiyah.

Microteaching ini sebagai salah satu proses mengasah ketrampilan di dalam proses belajar dan mengajar. Pengalaman dalam mengevaluasi, menganalisis bagaimana mengajar yang baik dan benar. Kegiatan pengajaran itu pula menjadi salah satu syarat ketentuan mengajar sebelum dilakukannya proses belajar mengajar pada suatu lembaga masyarakat luar.

Didalam proses belajar mengajar ada beberapa pengawas yang terdiri dari semester 8 serta kelompok di dalam microteaching itu sendiri. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh dosen pembimbing di setiap prodi, Dosen pembimbing dari prodi Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah Ustadz Zulfahmi Syukri Zarkasyi M,Pd , Ustdzah Cella Pety Susanti M.Pd dan Ustdzah Halida Umami M.Pd.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut diperlukan Evaluasi yang dapat memperlihatkan hasil dari kegiatan yang diberikan untuk itu Mahasiswi semester 6 diwajibkan untuk menyusun laporan kegiatan setiap individunya (KBM) yang meliputi proses perencanaan, rincian dari proses pelaksanaan Microteching, kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan Education festival sebagai evaluasi.

 

Penulis : Addaratul Fakhira/ Mahasiswi Semester 6

 

Leave a Reply