Orientasi Bahasa Kasih Sayang dalam kehidupan: Kajian Pra Nikah #4 Bersama Ustadz Dr. Cecep Shobar Rohmat, M.Pd

Pendidikan Agama Islam > Berita > Orientasi Bahasa Kasih Sayang dalam kehidupan: Kajian Pra Nikah #4 Bersama Ustadz Dr. Cecep Shobar Rohmat, M.Pd

Mantingan_ Ahad, 22/08/21, Kajian Rutin bersama Ustadz Cecep dilaksanakan seperti biasanya, setelah magrib seluruh Civitas semester 7 khususnya Prodi Pendidikan Agama Islam berkumpul untuk mendengarkan penyampaian ilmu baru. Pada pertemuan kali ini, Ustadz Cecep akan menjabarkan pengenalan bagaimana cara mengetahui bahasa kasih sayang dalam kehidupan.

Dalam kajian part 4 “Orientasi Bahasa Kasih Sayang dalam Kehidupan” Menjadi hal menarik untuk dibahas. Karena manusia diciptakan saling memberi kasih sayang antar sesama. Tanda orang yang kurang akan kasih sayang, maka ia akan menjadikan dirinya sebagai tempat pusat agar diperhatikan oleh orang sekitarnya.

Ada 5 bahasa kasih sayang yang secara tidak sadar telah kita lakukan. Ketidaktahuan itulah dijelaskan dalam bentuk orientasi singkat dan padat, 5 bahasa itu adalah;

  1. Kata-kata

Pengenalan dengan kata-kata ini seperti interaksi, komunikasi, ngobrol dan kalimat-kalimat indah lainnya. Jika bahasa kasih sayang ini tidak digunakan atau jarang dilontarkan, maka akan merendah penyajiannya atau efeknya lebih kepada kalimat pembullyan/ penghinaan kepada orang lain. Cara mengisi atau menghilangkan kebiasaan buruk itu dengan kata-kata pujian, ngobrol atau komunikasi satu sama lain, dan saling interaksi satu sama lain.

  1. Waktu bersama

Suatu rumah tangga akan hidup harmonis jika ia melakukan segala sesuatu dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Wanita (istri) akan lebih nyaman dan aman jika ia bersama seorang laki-laki (Suami) yang setia bersamanya. Kemudian jika waktu bersama ini lebih sering dilakukan, ketika ia dilanda kemarahan dan kebencian ia akan menyendiri atau menguasai diri sendiri. Merasa kesedihan serta kerinduan yang sangat mendalam.

  1. Sentuhan fisik

Jika bahasa kasih sayang terlontarkan dengan bahasa kata-kata, dilain cara Allah telah memberikan fitrah kepada anak adam dan hawa, mengajarkan bahasa kasih sayang dengan sentuhan fisik. Salah satu kasih sayang secara sentuhan fisik yaitu dengan bertemunya tubuh satu dengan tubuh yang lainnya. Contohnya orang arab yang saling mengenal satu sama lain jika ada pertemuan secara formal maupun informal mereka akan saling berpelukan. Itulah cara menyapa dalam pengenalan kekeluargaan sesama muslim.

  1. Pelayanan/ server

Bahasa tubuh selanjutnya adalah tanda kasih sayang seseorang jika ia memberikan perhatian lebih yaitu dengan pelayanan. Orang yang selalu melayani dengan penuh kasih sayang, tanda ia begitu setia dan cinta kepada orang yang ia sayangi.

  1. Hadiah

Bentuk kasih sayang setiap orang adalah diberi hadiah. Kepada setiap orang ketika dihari yang spesial ia diberi hadiah oleh orang yang ia sayangi. Maka bentuk kasih sayang inilah yang paling disukai setiap orang. Hadiah adalah sesuatu yang berharga jika diberikan kepada orang yang berharga. Hadiah akan menjadi spesial jika orang yang menerimanya dengan sepenuh hati dan ikhlas. Hadiah dapat diberikan dalam bentuk benda, ucapan., acara, serta kejutan-kejutan lainnya.

 

Leave a Reply