PENGARUH PERADABAN BARAT BAGI KARAKTER GENERASI MILLENIAL

Pendidikan Agama Islam > Berita > PENGARUH PERADABAN BARAT BAGI KARAKTER GENERASI MILLENIAL

UNIDAGONTOR_ Di tahun ini Universitas Darussalam Gontor mengadakan beberapa acara besar yang mana, baik dalam Internal maupun Eksternal. Tidak hanya berupa kajian, workshop dan expo, tapi berbagai seminar-seminar lainnya. Kegiatan ini diadakan agar segenap Mahasiswa mendapat pelatihan, pengalaman serta ilmu yang luas. Dengan ini akan semakin berkembang dan dapat mencapai cita-cita untuk visi dan misi di Universitas tersebut.

2

Universitas Darussalam Gontor mengadakan seminar khusus bagi Fakultas Tarbiyah, dengan Prodi PAI dan PBA. Dengan ini panitia menyusun waktu, tema dan pemakalah/pembicara yang luar biasa, sehingga acara berjalan dengan baik dan lancar. Tema pada acara tersebut merupakan pandangan kita dalam menghadapi era globalisasi saat ini. Tema tersebut sengaja di buat oleh panitia pada acara seminar ini, yaitu PENGARUH PERADABAN BARAT TERHADAP KARAKTER GENERASI MILLENIAL. “Zaman Sekarang bukan hanya teknologi yang maju tetapi ide dan pikiran kita harus maju, maka tantangan kita dalam menghadapi Globalisasi harus siap dengan keadaan yang kita hadapi saat ini. Sebagai Fakultas yang dapat menjadi harapan bangsa, kita harus banyak belajar dari sekitar sosialisasi kita agar tidak salah faham dalam menilai dan mengkritik persoalan tersebut.” Ujar Ustad Imam Bahroni selaku Dekan Tarbiyah.

3

Pemakalah atau pembicara yang mengisi seminar ini sangat hebat dan luar biasa dalam pengetahuan luas ,beliau adalah Alumni Gontor yang mana dalam presentasi dan pemaparan tema tersebut semua memiliki nilai-nilai Gontory dan kewibaawan sebagaimana kiyai atau bisa disebut bapak ilmu pengetahuan. Beliau juga berpengalaman banyak dalam menghadapi tantangan zaman sekarang, kerena di zaman beliau berbeda jauh pada keadaan sekarang. Beliau juga mengatakan bahwa beliau telah terlibat dalam era kemajuan globalisasi ini. Beliau adalah Al Ustad. Dr. Muhammad Arifin Ismail, M.A,M.Phil. dan Al Ustad Ahmad Suharto, M.Pd.

Dalam barat kita bisa menilai bagaimana kita dapat menjadi Mundirul Qoum bagi ummat masyarakat yang baik. Karena membentuk karakter itu lebih susah dari pada menghilangkan karakter. Acara ini bukan hanya dari Mahasiswa/i Unida Gontor tetapi dari universitas luar yang hadir untuk mengikuti seminar tersebut. Khususnya dari Fakultas tarbiyah seluruh universitas di jawa. Seluruh peserta antusias dalam mengikuti acara tersebut, karena bagi mereka ini merupakan wadah kita untuk kedepannya seperti apa dalam menghadapi globalisasi dan membentuk karakter yang Rabbani. “Gontor adalah alat untuk masyarakat dalam membantu menghadapi era zaman kini yang dimana Visi dan Misi gontor ialah pendidikan. Begitu juga Gontor bukan membentuk millenial tetapi Gontor memberikan solusi untuk millennial.”Ujar Ustad Arifin Ismail dalam presentasi seminar saat itu.

Semoga dalam mengikuti seminar ini Fakultas Tarbiyah seluruhnya mendapatkan ilmu yang luas, bermanfaat dan siap dalam menghadapi tantangan era globalisasi yang semakin maju dan berkembang. Tidak hanya menjadi pendidik tetapi juga harus bisa mewarnai pandangan serta membentuk karakter yang teladan seperti baginda Rasulullah SAW. Siman,Kamis (19/01/2019). (Sintya Kartika Prameswari/PAI 2)

Leave a Reply