SPL Part 5, Kunjungan Perdana: Mahasiswi PAI Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor Menjadi Tamu Istimewa Kementrian Agama R.I, Jakarta Pusat

Jakarta, 11 Oktober 2019, Universitas Darussalam Gontor Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester 3, pada objek kelima mengunjungi kantor Kementrian Agama RI yang berada di Jln. Lapangan. Beteng Barat No. 3-4, Ps Baru kec. Sawah besar Jakarta pusat. Lembaga ini bertugas dalam bidang pendidikan yang menyangkut dengan keagamaan dan hubungan masyarakat.

Dr. Ihwan Mahmudi, sebagai pembimbing SPL dalam sambutannya mengucapkan ribuan terimakasih kepada Kementrian Agama RI yang telah memperkenankan mahasiswi PAI melakukan silaturahim dan silatul ilmi. Selain itu, Dr. Ihwan Mahmudi tak lupa menyampaikan ucapan salam dari Bapak Ka Prodi PAI, Dekan Fakutas Tarbiyah dan Rektor UNIDA Gontor.

Kemudian,  dalam sambutannya Dr. Ihwan Mahmudi menerangkan sekilas tentang ke khas-an kampus UNIDA Gontor.

“Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor merupakan universitas bersistem pesantren, ke khasan pertama, seluruh mahasiswa dan mahasiswinya mulai dari jenjang sarjana, magister, doktor tinggal di asrama dan dosen tinggal di dalam kampus. Kedua, Setiap mahasiswa wajib menghafal al-Qur’an min 1 juz dalam 1 tahun. Ketiga, Pengembangan Islamisasi ilmu pengetahuan. dan Keempat, Semua penulisan tugas akhir baik skripsi, tesis maupun disertasi  menggunakan  bahasa Arab atau Inggris”. Jelasnya.

Selanjutnya dari pihak Kementrian Agama RI diwakili Bapak. Muhammad Adib Abdu Shomad  Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama direktorat Pendidikan Tinggi Islam Dalam sambutannya memaparkan tentang “Fadilah bagi yang mulia” kepada Mahasiswi PAI UNIDA Gontor. Suatu keistimewaan bagi Mahasiswi PAI dalam kunjungan perdananya di kantor Kementrian Agama Republik Indonesia. Tidak ada Mahasiswa/i dari lembaga pendidikan yang pernah sebelumnya mengunjungi Induk pendidikan Indonesia tersebut. Maka dari itu, kunjungan inilah yang menjadi inspirasi serta apresiasi lembaga pendidikan lainnya, supaya mengetahui lebih dalam guna fungsi kementrian agama ini di bentuk.

Kajian Forum Nasipnal Di kementrian Agama Republic Indonesia

Tak hanya itu, beliau juga berpesan agar kami generasi muda saat ini mampu melawan Hoaks atau berita yang dipaparkan pada media sosial dengan tidak pasti, faktanya itu tidak terjadi. Maka, dengan cara Speak up akan sangat membantu untuk meluruskan suatu yang batil karena kita tahu akan kebenarannya.

Baca Juga: SPL PART 4, Mahasiswi PAI Kunjungi Sekolah Islam Internasional “The Global Islamic School”

Pada kesempatan ini, Bapak Adib juga menjelaskan beberapa hal yang terkait dengan SDM dalam bidang pendidikan dengan visi misi yang mereka miliki diantaranya adalah Menjadikan masyarakat indonesia menjadi masyarakat yangtaat beragama, moderat, Cerdas dan unggul.

Pemaparan dan sambutan oleh Bapak. Muhammad Adib Abdu Shomad

Dalam penutup sambutannya, beliau sempat memberi motivasi yang di sajikan dalam sebuah kalimat yang berbunyi “Masa depan Cemerlang hanyalah milik mereka yang mempersiapkan nya dari sekarang”. kalimat ini dapat memotivasi sebagai Mahasiswi PAI UNIDA Gontor yang harus memiliki tekad dan kerja keras Integritas tinggi serta tidak membiarkan waktu menggilas masa muda agar dapat mengapai impian dan cita-cita. Amin

(Mahasiswi PAI/3)

Leave a Reply