Studi Akademik Mahasiswi PAI UNIDA Gontor di Lembaga Pendidikan Yogyakarta

Yogyakarta – Pada tahun ajaran 2017-2018 ini, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengadakan kunjungan akademik ke lembaga-lembaga kependidikan di kota Yogyakarta. Tujuan tak lain adalah mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa menuju pendidik yang handal dan profesional berlandaskan nilai-nilai keIslaman. Oleh karena itu, program studi Pendidikan Agama Islam

SLB Negeri 1 Yogysakarta – SLB Negeri 1 Yogyakarta terletak di Jl. Kapten Laut Samadikun No.3, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta bertujuan untuk membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan mental atau perilaku agar mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan.

IMG-20180419-WA0010

Sebagai pribadi maupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan lanjutan

 

Islamic University of indonesia (UII) Yogyakarta – Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 juli 1945 M.

Sejak awal 1990-an sampai saat ini, UII telah mengembangkan kampus terpadu yang terletak di kabupaten Sleman, di bagian utara Provinsi DI Yogyakarta. Sebagian besar fakultas UII telah berlokasi di lahan seluas 25 Hektare ini. Sampai dengan semester ganjil 2011/2012, UII Memiliki delapan fakultas dengan lima program Diploma Tiga, 22 Program Sarjana, tiga Program Profesi, delapan Program Magister, dan tiga Program Doktor serta lembaga-lembaga pendukung.

IMG_2865

Dalam peningkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun  Webometrics pada januari 2012 menempatkan Universitas Islam Indonesia sebagai Perguruan TInggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional. Selain itu, pada tahun 2009 Univerisitas Islam Indonesia terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjamin mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan mendapatkan akresitasi institusi A pada tahun 2013.

 

YAKETUNIS, Yogyakarta – Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam didirikan berdasarkan Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat ‘Abasa ayat 3 & 4 yang menjelaskan bahwa tunanetra memiliki potensi untuk di berikan pendidikan dan pengajaran di bidang mental, spiritual, agama dan keterampilan, kecerdasan serta ilmu pengetahuan. Sehingga perlu didirikan lembaga atau yayasan sebagai sarana atau wadah untuk melaksanakan dan mengamalkan ayat tersebut.

IMG-20180419-WA0013

Berdirinya Yaketunis merupakan ide dari seorang tunanetra bernama Supardi Abdusomat. Pada saat itu beliau berkunjung ke Perpustakaan Islam di Jl. mangkubumi No. 38 menemui Bapak H. Moch. Solichin Wakil Kepala Perpustakaan Islam.

Kedatangan beliau bermaksud sharing kepada Bapak. H. Moch. Solichin mengenai bagaimana caranya mengangkat harkat martabat warga tunanetra. Akhirnya disepakati untuk mendurukan yayasan yang diberi nama Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) Yogyakarta pada tanggal 12 Mei 1964.

 

Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta – Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta mula-mula didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan pada tahun 1920 dengan nama “Qismul Arqa” atau sering disebut “Hogere School” yang berarti sekolah menengah tinggi. Sebuah nama yang cukup mentereng untuk ukuran zaman itu. Pada waktu itu, tempat belajarnya cukuplah menempati ruang makan yang sekaligus menjadi dapur keluarga K.H Ahmad Dahlan. Tahun 1923 nama tersebut di ganti menjadi “Kweekschool Islam”, lalu berubah lagi menjadi “Kweekschool Muhammadiyah”.IMG-20180419-WA0008 (2)

Pelajarnya masih campuran, Putra-Putri. pada tahun. Pada tahun 1927 diadakan pemisahan, dengan mendirikan “Kweekschool Istri”. Akhirnya pada Kongres Muhammadiyah tahun 1930 di Yogyakarta kedua sekolah guru ini diganti namanya menjadi “Madrasah Mu’allimin Mu’allimat”.

Sebelum itu, pada tahun 1928, Kongres/Muktamar di Medan mengamanatkan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk mengelola secara resmi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ini sebagai tempat pendidikan calon kader pemimpin, guru agama dan mubaligh Muhammadiyah. (Alvhi Sahkrin Gunandar/PAI16)

Editor : Syafiruddin Al Baqi

About the author

"Jangan Bosan Jadi Orang Baik ~ Karena Tuhan Tidak Pernah Bosan Memberikan Kebaikan Kepada Hamba-hambanya"
2 Responses

Leave a Reply