Kunjungan SPL Mahasiswi PAI Semester 3 Ke Yogyakarta

Yogyakarta_ 26 Juli 2022, Studi Pengayaan Lapangan (SPL) merupakan suatu program yang diadakan Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswi semester 3 program studi Pendidikan Agama Islam dalam Fakultas Tarbiyah. Peserta dalam kegiatan SPL adalah seluruh berjumlah 68 mahasiswi, didampingi dengan 3 dosen yaitu, Ustadz Dr. Cecep Sobar Rochmat, M.Pd, Ustadzah Fathimah Kamilatun Nisa’,M.Pd, dan Ustadzah Rohma Akhirul Mukharomah, M.Ag.

Kegiatan SPL diadakan pada tanggal 23 Juli 2022 sampai 25 Juli 2022, dalam waktu 3 hari dengan destinasi lembaga-lembaga pendidikan yang berada di Kota Yogyakarta. Di hari pertama kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogayakarta (UMY) dan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro.

Program Studi PAI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah menggapai akreditasi unggul. UMY merupakan universitas berbasis Islam. Mahasiswi PAI mengambil banyak pelajaran dan pengalaman untuk membawa PAI Unida Gontor juga mampu mencapai akreditasi unggul. Di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro, mahasiswi mempelajari hal baru tentang sistem pondok pesantren yang berbeda dengan sistem Pondok Modern Darussalam Gontor.

Sedangkan pada hari kedua SPL, lanjut pada kegiatan education trip ke Pantai Parangtritis. Education trip dimaksudkan agar mahasiswi mampu bertafakkur dengan mengamati alam. Pada hari ketiga,  SPL berlokasi di SLBN 1 Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam. Rasa haru dan kagum menyelimuti perjalanan, terlebih saat berada di SLBN 1 Bantul. Perjuangan luar biasa seorang pendidik sangat terlihat, karena harus memberi sentuhan pendidikan kepada siswa yang memiliki keterbatasan baik secara fisik maupun mental.

Perjuangan mereka berbuah manis dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa/i SDN 1 Bantul di tingkat lokal, nasional, hingga internasional. SDIT Nurul Islam menerapkan sistem sekolah yang dipadukan dengan kegiatan alam. Profil lulusan yang diharapkan dikenal dengan istilah SIP yaitu Sholeh, Ilmuwan, dan Pemimpin.

Kegiatan SPL membuka wawasan mahasiswi PAI semester 3 tentang beragam keadaan sosial lembaga pendidikan yang heterogen. Dari 4 lembaga pendidikan di Kota Yogyakarta yang dikunjungi, semua memiliki keunikan masing-masing dalam proses pelaksanaan pendidikan. Mahasiswi dituntut untuk siap menjadi pendidik islami yang mengedepankan akhlak dan moral di tengah keberagaman. Sepanjang perjalanan SPL, Ustadz Dr. Cecep Sobar Rochmat menyampaikan, “Kegiatan SPL ini harus bisa meneguhkan diri mahasiswi tentang salah satu falsafah Pondok Modern Darussalam Gontor, bahwa apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan adalah pendidikan. Bahkan SPL juga menjadi sarana silaturrahim Universitas Darussaalam Gontor dengan lembaga pendidikan lain.” Ungkap beliau.

Pen. Syifa Rizki Sholihah/Mahasiswi Semester 3

Edit. Staff Fak. Tarbiyah

 

Leave a Reply